Laman

Sabtu, 17 September 2016

HARGA PASIR MUNTILAN DAN KUALITASNYA 0897 6505 975

 Pasir Muntilan dan Kualitasnya

Sebagai bahan baku konstruksi yang baik, pasir diharuskan memenuhi beberapa syarat sebelum diuraikan lebih lanjut. Sebagai bahan dari alam, pasir muntilan dipengaruhi beberapa faktor yang berbanding lurus dengan kualitasnya. Diduga karena faktor tempat dan musim,  penambangan pasir merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pasir muntilan tersebut. Material yang dihasilkan dari aktivitas gunung merapi yang aktif berupa larva pijar yang kemudian menjadi dingin dan berada disekitar puncak gunung untuk beberapa waktu. Selanjutnya larva pijar yang dingin tersebut kemudian akan turun melalui sungai-sungai yang berada di sekitar kaki gunung merapi. Sungai-sungai yang berada di sekitar kaki gunung merapi yaitu kali krasak, kali blongkeng, kali bebeng, kali putih, kali boyong dan kali lamat.

Kualitas Pasir Muntilan ditelusuri Berdasarkan Tempat Pengambilan
Secara umum kualitas pasir dari gunung merapi yang berasal dari kali/ sungai di muntilan memenuhi syarat untuk kontruksi beton karena sangat memenuhi syarat teknis yang sedang berlaku. Berdasarkan tempat pengambilan pasir pada sungai di muntilan bagian selatan lebih baik dari pada hasil dari sungai/ kali di muntilan bagian tengah sedangkan kualitas pasir pada sungai bagian tengah lebih baik dari kualitas pasir di  bagian utara sungai.

Kualitas Pasir Muntilan Berdasarkan Waktu Pengambilan
Menurut waktu atau timing pengambilan, penambangan pasir merapi muntilan dari sungai di  muntilan pada musim penghujan jauh lebih baik dari pada pengambilan pasir di waktu musim kemarau. Perbedaan dapat terlihat dari kandungan zat kimianya.

Manfaat dan Kerugian Penambangan Pasir Merapi Muntilan
1.    Terciptanya lapangan pekerjaan bagi penduduk setempat yang bekerja sebagai buruh bongkar muat pasir dan penambang pasir yang berdampak pada meningkatnya pendapatan mereka.
2.    Material vulkanik yang dihasilkan sangat diperlukan oleh kebutuhan pembangunan dan kepentingan industri konstruksi. Baik untuk kepentingan industri sederhana seperti batako,  paving, conblock, sampai untuk konstruksi beton.
3.    Namun disisi lain, jika penambangan tidak terkontrol akan berdampak buruk dan berpengaruh pada hancurnya kelestarian alam dan lingkungan sekitar, serta pengangkutan dari tempat penambangan ke depo pasir menggunakan truck fuso besar dan truck lainnya yang lebih besar dapat menyebabkan kelancaran lalu lintas magelang-jogja dan sebaliknya menjadi terganggu serta berpengaruh pada kerusakan jalan raya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar